KELUARGA PENGARANG

ORANG HEBAT DAN NOVEL ANYAR GOLA GONG

Posted on: April 12, 2008

Saya baru dapat kabar dari mas gola gong. hati mas gong gembira banget. kata mas gong, banyak orang-orang hebat yang datang menengok. dia mengabssen, halfino berry dan crew asy syaamil (sekarang sygma group). halfino adalah orang pertama yang mengajak mas gong menerbitkan novel islami pertamanya; nyanyian perjalanan (bareng helvy tiana rossa) dan al bahri (oleh indika dijadikan mini seri di tv 7). lalu teguh es ha datang dibawa oleh jodhi juwono (temen lama mas gong di kompas) dan asdik soepardi anak riau, teguh es ha adalah pengarang ali topan anak jalanan idola mas gong. kata mas gong, seperti mimpi. mas gong memeluk mas teguh dan meraba-raba tubuh mas teguh.

orang-orang hebay yang mas gong maksud adalah, mereka melakukan sesuatu di luar kebiasaan  atau istilah kerennya sekarang “out of the box”. saya tahu dari cerita mas gong, halfino melakukan sesuatu yang tidak dilakukan penerbit lain. yaitu dengan penerbit asy syaamil, halfino menerbitkan buku-buku genre islami. saat itu juga helvy sebagai lokomotif fiksi islami dengan gerbong forum lingkar pena mendeklarasikan “perang” tema-tema fiksi islami yang mengusung “sastra untuk kemanusiaan” atau “mencerahkan”. ketika halfino dan helvy mengajak mas gong bergabung di flp, mas going tertarik. bagi mas gong, flp adalah kontekstual.

kemudian teguh es ha. cerita mas gong lagi, pada zamannya di era 70-an, noel ali topan anak jalanan jadi ikon anak muda. saya belum membaca novelnya. di rak rumah dunia novel itu ada. nanti saya baca. teguh es ha melabak kemapanan. novel balada si roy karya mas gong, salahsatunya terpengaruh sosok ali topan anak jalanan. bahkan semasa mudanya, mas gong hidup di jalanan dengan motor bebek c 70 di kota sertang. walaupun berlengan satu, mas gong gesit juga naik motor.

terus habiburahman yang sedang fenomenal dengan ayat-ayat cintanya. habib kini sedang menikmati panen ketika pada awal-awal helvy dengan gerbong flp menebar benih fiksi islami. habib ibarat hamka. habib semakin meninggikan posisi fiksi islami. saya pernah mendengar mas gong bicara, bahwa perfileman indonesia kini di tangan habib. trend perfileman sekarang ke cerita islami. lihat sajam filem kun fayakun siap dirilis. lalu ketika cinta bertasbeh milik habib. mas gong sendiri sekarang sedang mengajukan novelnya; labirin lazuardi dan al bahri 2; mencari cinta yang hilang untuk dilayarlebarkan. doakan saja ya.

rombongan lainnya  crew majalah annida jakarta dan forum lingkar pena, komunitas 80-an, dan 1001 buku.mereka juga orang-orang hebat. membikin komunitas berdasarkan hobi dan keunikan. annida tetap konsisten mengusung cerita islami. apa-apa yang dilakukan mereka “out of the box”.

saya selaku istri mengucapkan terima kasih karena hati mas gong gembira. selain moril, kami pun terbantu secara materil. mas gong pernah bicara pada saya, mungkin sekarang papah giliran menerima bantuan dari temen-temen. ternyata capek juga mikirin biaya sambil berobat. terima saja, mah. mungkiin ini doa-doa papah yang dikabulkan mereka. insya allah kalau papah sembuh, bisa melakukan sesuatu buat mereka.

saya hanya bisa bersyukur, inilah keridhaannya yang menggunung. allah memang maha rahman. maka, saya meminta tolong, barangkali teman-teman yang ingin berbagi, bisa melakukannya dengan cara membeli buku-buku terbaru mas gola gong, yang dikerjakannya di kala sakit. insya allah, berbagi adalah pekerjaan yang sangat membahagiakan. saya pernah merasakan sensasi-sensasi itu. saat berbagi, wajah-wajah dengan binar-binar bahagia. sekarang pun, saat kami menerima bantuan dari temen-temen, kami pun merasa bahagia karena inilah ternyata hikmah di balik sakit. kami memiliki banyak saudara. kami mendapatkan anugrah rasa cinta yang besar dari temen-temen.

inilah buku-buku terbaru sepanjang 2006-2008:

1. menggenggam dunia, penerbit dar!mizan, bandung

2. labirin lazuardi, penerbit tiga serangkai, solo, 3 judul buku

3. musafir, kumpulan cerpen, salamadani, bandung

4. rugi kalo gak nulis seumur hidup, salamadani, bandung

5. cinta-mu seluas samudra, dar!mizan, bandung

6. ini rumah kita sayang, gip, jakarta

7. the journey, maximalis salamadani, bandung

tetap kireatif

tias tatanka

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

YanG BerkunjuNG :

  • 161,636 hits

LaCi MejA :

ALmanaK DindinG :

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

RUMAH KITA

Aku taburkan rumput di halaman belakang di antara pohon lengkeng dan mangga sudah tumbuhkah bunganya? aku ingin menaburkan sajak di jalan setapak di seberang istana merpati yang tak pernah terkurung karena aku dan kamu selalu ingin melayang jauh melihat angkasa dan bintangbintang dari atap rumah kita aku akan ceritakan kelak pada anakanak tentang matahari bulan laut gunung pelangi sawah bau embun dan tanah aku ajari anakanak mengerti hijau rumput warna bunga dan suara

BUKU-BUKU TERBARU GOLA GONG: Cinta-Mu Seluas Samudra (Mizania), The Journey (Maximalis, Salamadani), Musafir (Salamadani), Nyesel Gak Nulis Seumur Hidup (Salamadani), Ini Rumah Kita Sayang (GIP), Menggenggam Dunia (Dar! Mizan), Labirin Lazuardi (Tiga Serangkai)

KaTA MakNA

Hidup adalah Perjalanan Panjang Menuju Tempat Abadi di Sisi-Nya. Tak ada ujungnya. Maka bertebaranlah di muka bumi dengan berbuat kebaikan. Berbagilah dengan sesama, penuh kasih sayang. Sebarkanlah setiap tetes ilmu yang kita miliki. Lawanlah kebatilan yang menelikung dengan yang kita mampu. Pena adalah senjata dari perlawanan itu. Mengalirlah setiap kata dari hati kita lewat senjata pena! Setiap kata penuh makna akan mengisi setiap jiwa luka. Menggeliatlah kita dengan senjata pena menuju matahari terbit. Dengan senjata pena, kita akan berdiri tegak; melahirkan generasi kuat di negeri ini. Negeri yang dihuni para tunas bangsa yang memiliki identitas dan jati diri: anak-anak negeri ini yang bangga akan kebudayaan negerinya. Ingatlah: MENJADI BERGUNA JAUH LEBIH PENTING DARI SEKEDAR MENJADI ORANG PENTING!

FoTO-fotoKU

More Photos
%d bloggers like this: