KELUARGA PENGARANG

ACTING: BULETIN PERTAMA TEATER DI BANTEN

Posted on: September 20, 2007

acting-2.jpgLuar biasa. Itu yang bisa saya katakan tentang buletin atau jural ActinG yang dikelola Lee Brkin alias mahdi duri dan kawan-kawannya di Forum Kesenian Banten. Ini adalah kerja marathon. Ii adalah kerja berkelanjuatan dari gerakan kebudayaan di tanah Banten. Setelah gerakan literasi bergulir kencang, dengan emunculkan penulis-penulis muda Banten, kini buta teater tidak akan ada lagi di Banten.

Buletin ActinG dijual Rp. 1000,-. September ini sudah memasuki edisi keenam. Terbit bulan April 2007 hanya 4 halaman alias 1 lembar ukuran kuarto. Hitam putih. Di edisi keenam ini sudah 12 halaman. Kita akan disuguhi banyak agenda pementasan dari komunitas teater di Banten; umum, pelajar, dan kampus. Melek sastra, lalu melek teater. Jika terus begii, kehadiran ActinG akan menjadi keharusan. Penulis-penulis teater di Banten akan bermunculan. Para sutradara dan aktor akan bersemangat terus berkarya dan masyuarakat awam tercerahkan. Teater yang tadinya tabu atau makhluk aneh, kini jadi sesuatu yang tidak lagi nyleneh, tapi sexy dan funkeeh! Pelajar dan mahasiswa kini merasa gaul menggeluti teater. Berkar teater, berkarakter. Dan minim bujet, tetap kreatif

Nama-nama seperti Dadi RsN, Toto ST Radik, nandang Aradea, Bagus Bageni, Piter Tmba, Nazla Thoyib Amir, Iffan Gondrong, Mahdi Duri, irman Vebayaksa, akan semakin bergairah dalam berkarya. Dan karya mereka akan sampai ke masyuarakat. Diskusi-diskusi teater pun akan ramai ditulis dan dibicarakan.

Kelompok teater seperti Café Ide Untirta, Gesbica, Anonimous, Wajah Stikom Wangsajaya, Studio Teater Indonesia, tidak akan merasa sia-sia seusai menggelar pementasan, karena semuanya diarsipkan dalam bentuk laporan atau ulasan di buletin ActinG. Segala gagasan yang ada di otak sutradara bisa diketahu oleh khalayak. Ini sesuatu yang menyehatkan bagi iklim Banten yang sedang carut-marut. Realitas di Banten bisa ditafisirkan di atas pentas dan ini tentu menjadi alternatif hiburan bagi kita. Selamat ActinG. Maju terus pantang mundur!.
 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

YanG BerkunjuNG :

  • 161,650 hits

LaCi MejA :

ALmanaK DindinG :

September 2007
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

RUMAH KITA

Aku taburkan rumput di halaman belakang di antara pohon lengkeng dan mangga sudah tumbuhkah bunganya? aku ingin menaburkan sajak di jalan setapak di seberang istana merpati yang tak pernah terkurung karena aku dan kamu selalu ingin melayang jauh melihat angkasa dan bintangbintang dari atap rumah kita aku akan ceritakan kelak pada anakanak tentang matahari bulan laut gunung pelangi sawah bau embun dan tanah aku ajari anakanak mengerti hijau rumput warna bunga dan suara

BUKU-BUKU TERBARU GOLA GONG: Cinta-Mu Seluas Samudra (Mizania), The Journey (Maximalis, Salamadani), Musafir (Salamadani), Nyesel Gak Nulis Seumur Hidup (Salamadani), Ini Rumah Kita Sayang (GIP), Menggenggam Dunia (Dar! Mizan), Labirin Lazuardi (Tiga Serangkai)

KaTA MakNA

Hidup adalah Perjalanan Panjang Menuju Tempat Abadi di Sisi-Nya. Tak ada ujungnya. Maka bertebaranlah di muka bumi dengan berbuat kebaikan. Berbagilah dengan sesama, penuh kasih sayang. Sebarkanlah setiap tetes ilmu yang kita miliki. Lawanlah kebatilan yang menelikung dengan yang kita mampu. Pena adalah senjata dari perlawanan itu. Mengalirlah setiap kata dari hati kita lewat senjata pena! Setiap kata penuh makna akan mengisi setiap jiwa luka. Menggeliatlah kita dengan senjata pena menuju matahari terbit. Dengan senjata pena, kita akan berdiri tegak; melahirkan generasi kuat di negeri ini. Negeri yang dihuni para tunas bangsa yang memiliki identitas dan jati diri: anak-anak negeri ini yang bangga akan kebudayaan negerinya. Ingatlah: MENJADI BERGUNA JAUH LEBIH PENTING DARI SEKEDAR MENJADI ORANG PENTING!

FoTO-fotoKU

More Photos
%d bloggers like this: